Pustakawan Universitas Al Azhar Indonesia Raih Prestasi Tingkat Provinsi DKI Jakarta

  • uai

Pustakawan Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Cecep Ibrahim, baru saja meraih Juara III dalam Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kepustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta pada 27–28 Juni 2019. Dalam hal ini, Perpustakaan Nasional bekerja sama dengan pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menaungi Perpustakaan Swasta, Negeri, maupun Kementrian untuk turut serta dalam pemilihan pustakawan berprestasi.

Acara ini berlangsung selama 2 hari dan telah disosialisasikan sebelumnya kepada para pustakawan. Setelah pustakawan mendaftarkan diri, mereka diharuskan mengirim karya ilmiahnya, kemudian dilakukan seleksi menjadi 10 peserta. Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan pustakawan berprestasi yang kemudian dapat membantu meningkatkan kualitas kepustakaan di Indonesia.

Dalam acara ini, Cecep mengirimkan karya ilmiah yang berhasil lolos seleksi untuk dipresentasikan selain itu juga cecep mengimplementasikan ilmunnya mengenai peningkatan implementasi reference manager untuk membantu menunjang para sivitas akademika UAI dalam mencari data yang kredibel perihal penulisan karya ilmiah. Pustakawan UAI yang sudah menyelesaikan pendidikan S2 di Institut Pertaian Bogor (IPB) dengan jurusan Magister Teknologi Informasi untuk Perpustakaan ini mengaku tidak menyangka akan mendapat juara, sebab alasan ia mengikuti lomba ini adalah karena kegemaran menulisnya. Atas kegemarannya ini, Cecep pun telah beberapa kali mengikuti Call For Paper serta telah memiliki beberapa jurnal yang berkolaborasi dengan berbagai penulis.