Mengenal Healthy Lifestyle dalam Biotech Fair 2019

  • uai

Jakarta (24/10) – Himpunan Mahasiswa Bioteknologi Universitas Al Azhar Indonesia (HIMABIO UAI) telah sukses menyelenggarakan salah satu program terbesarnya, Biotech Fair pada 22 – 23 Oktober 2019. Tahun ini, Biotech Fair mengangkat tema BIOLIFE yang artinya Build Innovation for Healthy Lifestyle. Acara yang diadakan setiap tahunnya ini bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa UAI agar dapat mengimplementasikan gaya hidup yang sehat dan bersifat sustainable mengingat sustainable living movement sedang marak dikampanyekan  oleh masyarakat.

Biotech Fair dibagi menjadi 2 sub kegiatan, yaitu Biofair yang terdiri dari seminar dan expo serta Biohealth yang terdiri dari cek kesehatan dan donor darah. Untuk membuka rangkaian kegiatan, acara ini mengadakan kompetisi untuk siswa SMA/Sederajat dan Mahasiswa/I, yaitu Call For Paper dengan tema Good for Life dan Short Video yang bertemakan Daily Healthy Lifestyle.

Sementara itu, untuk rangkaian main event dimulai dengan seminar dan talkshow di Auditoriun Arifin Panigoro Lt.3 UAI dengan tema “Good Lifestyle Make A Good Mood” yang dibawakan oleh dr. Hasil Hadis, Sp.Jp (K), FIHA, Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RS Premiere Jatinegara, mengenai “Penyakit Jantung Koroner dan Pencegahannya.” Tak hanya itu, Biotech Fair turut menghadirkan Lisa, Healthy Diet Coach, yang membawakan materi “Gaya Hidup Sehat dari Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi.” Di saat yang bersamaan, dilangsungkan cek kesehatan yang meliputi cek tekanan darah, gula darah, kolestrol, dan asam urat di Lobby Universitas Al Azhar Indonesia. Nampak hadir dalam rangkaian kegiatan hari pertama ini Dr. rer. nat Yunus Effendi, M.Sc selaku Kepala Program Studi Bioteknologi UAI serta Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. untuk memberikan sambutan serta dukungan langsung kepada HIMABIO UAI atas diselenggarakannya acara inspiratif ini.

Pada hari kedua, Biotech Fair melangsungkan expo di Tenda Biru UAI dengan tema “Alternative Food and Food Waste” yang menghadirkan Novita Natalia K, Founder of Plantful Vegan Catering, dan Anita Permata, Founder of Sustainable Indonesia. Novita Natalia melakukan demonstrasi pembuatan makanan alternatif vegan burrito dan mie ayam. Sedangkan Anita mendemonstrasikan pembuatan kompos dari food waste. Acara ini dimeriahkan pula dengan penampilan dari For Cool Kids Only, penampilan dari Zirah, Live Mural oleh KSRD (Kelas Seni Rupa dan Desain), serta 10 tenan bazaar makanan.