Keberhasilan bukan hanya sekedar dari Intelektualitas dan Rasionalitas, tetapi Spiritualitas yang merupakan Kekuatan Dahsyat

  • uai

Senin tanggal 15 November 2021, Universitas Al-azhar Indonesia (UAI) dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., yang merupakan salah satu mantan Wakil Ketua Forum Rektor Perguruan Tinggi se Indonesia (FRI) mengawali kepemimpinannya di Periode ke-2 ini dalam waktu beberapa hari dari tanggal 15 s.d. 17 November 2021 akan bersilaturahmi ke beberapa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Malang.

Setelah penandatangan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) Universitas Al-azhar Indonesia dengan Universitas Muhammadiyah Malang, Rektor dan beberapa delegasi menuju ke Universitas Islam Malang bertemu dengan Rektor UNISMA dan para pemimpin lainnya.

Beberapa delegasi dari UAI yang lainnya masih melanjutkan studi banding di UMM dan yang lainnya mendampingi Rektor UAI menuju ke UNISMA. Kedatangan kami langsung disambut hangat oleh Rektor UNISMA di ruang kerja Rektor dan memberikan beberapa masukan dalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang Unggul berlandaskan nilai-nilai Islam sesuai dengan visi dan misi dari perguruan tinggi dan Kemdikbudristek.

Pertemuan Rektor UAI dan UNISMA dilanjutkan dengan sesi diskusi di ruang Rapat UNISMA dan diawali dengan Doa dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Unisma. Sambutan dari Rektor Universitas Al-azhar Indonesia, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. “Puji dan syukur atas nikmat Allah SWT kita semua bisa berkumpul di Unisma bersama beberapa sivitas akademika UAI dan Unisma. Sholawat serta salam kepada junjungan kita baginda Rasulullah SAW, keluarga dan sahabat. Sudah lama tidak bertemu dengan Rektor Unisma secara tatap muka langsung dan hanya melalui telepon. Rektor UNISMA selaku Wakil Ketua Forum Rektor se Indonesia dan saya anggota dari forum rektor. Perkenalan anggota yang hadir tadinya ada 11 personil tetapi di bagi dua dengan yang di UMM sehingga di UNISMA diantaranya Rektor UAI: Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., Dekan Fakultas Sains dan Teknologi: Ir. Hidayat Yorianta Sasaerila, M.Sc., Ph.D.; Ketua Program Studi Biologi: Risa Swandari Wijihastuti, S.Si., M.Phil.; Direktur Kerjasama: Dr. Bambang Eko Samiono, S.T., M.M., dan PIC MBKM UAI: Syarifah Ida Farida, S.E., M.M., serta Arif Rachman, S.Si., Tim dari MBKM UAI.”

Alhamdulillah kami langsung diterima oleh Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si, selaku Rektor UNISMA sekaligus menjabat Wakil Ketua Forum Rektor se Indonesia yang didampingi oleh para pejabat Unisma lainnya. Sambutan dari Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si., dimulai dari perkenalan jajaran dan sangat terkesan dengan Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. yang sangat hambel. “Unisma usia 40 tahun dan UAI 21 tahun dan separuh baya dari Unisma. Sekarang UNISMA 16.000 dan UAI 10.000 sudah luar biasa UAI.”

“Unisma sudah terlalu lama tertidur dan sekarang dipegang dengan yang muda-muda dan alumni. KUI walaupun bukan alumni tetapi komitmennya sangat luar biasa. Beberapa produk dan program yang telah dihasilkan, dan ada kekuatan yang dahsyat adalah Spiritualitas. Di samping mencoba untuk rasionalitas ditingkatkan, dan spiritualitas menjadi distingsi, Islam nya yang harus dikedepankan. Spirit Al-azhar Mesir harus dipindahkan ke Unisma. Unisma sudah penuh di kampus pertama dan akan bangun di kampus kedua yaitu sebesar 80 hektar dan akan dibangun menjadi laboratorium dan ekowisata. Tiada hari tanpa shalawat dan tanpa Al Quran. Sebelum bekerja ada SOP dimulai membaca al quran 1 maqra. Keberkahan bertambah kebaikan itu berkah, kebahagiaan itu berkah. Pada saat waktu sholat ke Masjid.” kata Rektor Unisma.

Setelah sesi Diskusi mengenai perkembangan dua perguruan tinggi tersebut. Maka dilanjutkan dengan Penandatangan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) Universitas Al-azhar Indonesia dengan Universitas Islam Malang. Adapun ruang lingkup kerjasama meliputi berbagai bidang sebagai berikut:
1. Bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta publikasi dan jurnal;
2. Pengembangan dan implementasi program-program Merdeka Belajar-Kamps Merdeka (MB-KM);
3. Penyelenggaraan seminar regional, nasional dan internasional;
4. Bidang lain yang disepakati para pihak.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Universitas Al-azhar Indonesia dengan Universitas Islam Malang berlaku sampai dengan 5 (lima) tahun) tanggal 15 November 2026. Selanjutnya Insya Allah akan dilakukan kegiatan dan program kerjasama sesuai dengan ruang lingkung yang disebutkan di atas. Semoga dengan adanya kerjasama di antara dua perguruan tinggi yang sesuai dengan nilai-nilai Islam menghasilkan output dan outcome dari mahasiswa, alumni dan dosen serta karya-karya baik produk maupun ilmiah yang bermanfaat untuk masyarakat di dalam negeri maupun di luar negeri.



The post Keberhasilan bukan hanya sekedar dari Intelektualitas dan Rasionalitas, tetapi Spiritualitas yang merupakan Kekuatan Dahsyat appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.