Multaqa Bahasa Arab ke-1 (MUNASBA), Program Studi Sastra Arab Universitas Al-Azhar Indonesia

  • uai

Multaqa Bahasa Arab ke-1 (MUNASBA) yang diinisiasi oleh Prodi sastra Arab, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Al-Azhar Indonesia diselenggarakan pada hari selasa 18 Desember 2018 bertepatan dengan hari Bahasa Arab se-dunia. Multaqa yang dapat diartikan sebagai pertemuan ilmiah, sengaja diangkat menjadi program seminar tahunan program Studi Sastra Arab dan sekaligus menjadi slogan dalam seminar tingkat Program Studi. Tahapan kegiatan yang akan selalu dipersembahkan dalam pertemuan ilmiah ini adalah berupa pembukaan seminar secara resmi dengan mendatangkan tokoh pengampu kebijakan tingkat nasional dan internasional yang berkaitan dengan pengembangan bahasa Arab, lalu sesi seminar nasional tentang bahasa, sastra dan budaya Arab yang mendatangkan pakar dibidangnya masing-masing, dilanjutkan dengan sesi seminar pararel dari hasil seleksi paper yang masuk ke panitia dan mereka akan mempresentasikan penelitiannya dibidang tertentu sesuai tema yang telah ditentukan.

Pada kesempatan Multaqa bahasa Arab KE-1 18 Desember 2018 ini, dibuka oleh Rektor UAI Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc.dan dihadiri oleh : (1). Wakil Duta Besar Saudi Arabia untuk Indonesia, YM. Sayyed ibn Yahya al-Qahthani, (2). Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, M.A, (3). Ketua Umum Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar diwakili oleh Drs. Shobah dan Dr. ahmad Lubis, (4). Rektor dan para Wakil Rektor 1-IV Universotas Al-Azhar Indonesia, (5). Nara sumber utama Multaqa : Dr. Yusring Sanusi Baso, Dr. Nasaruddin dan Abdul aziz Omer, (6). Tamu undangan yang terdiri dari Pejabat struktural dan mahasiswa STAINI Parung-Bogor, mahasiswa PBA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ustadz Ponpes Darunnajah Jakarta, dan para dosen dan guru dari berbagai daerah yang datang sebagai peserta sesi seminar pararel hasil dari seleksi paper yang masuk, (7). Dosen dan mahasiswa Prodi sastra Arab Universitas Al-Azhar Indonesia.

Seluruh rangkaian acara dilaksanakan di Ruang Auditorium Arifin Panigoro UAI dalam 3 tahapan; acara pembukaan, presentasi makalah dari narasumber dilanjutkan dengan presentasi makalah dari para peserta pada sesi paralel di 3 ruangan yang berbeda, selanjutnya ditutup dengan acara penutupan yang berisi pembacaan rekomendasi dari pelaksanaan MUNASBA 1 yang dirangkum dari seluruh makalah yang masuk dari para peserta dan narasumber.

Dari 26 makalah yang diterima dalam acara ini , telah dipilih 2 makalah terbaik yang akan dipublikasikan dalam jurnal al turas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Panitia penyelenggara dalam hal ini telah menjalin kerjasama dengan Fakultas Adab dan Humaniora terkait publikasi artikel terbaik dari penyelenggaran MUNASBA di Universitas Al Azhar Indonesia.



 

 

 

 

Source: Berita UAI