Yuk, Ubah Sibukmu Menjadi Produktif Dengan 5 Tips Ini!

  • uai

Duh, perasaan udah sibuk banget tapi kok masih gini – gini aja ya hasilnya? Merasa sibuk dengan segudang kegiatan tapi hasilnya tidak memuaskan? Atau padatnya jadwal kamu membuat kamu sampai tidak punya waktu untuk keluarga dan teman tercinta? Adakah Insan UAI yang pernah merasakan hal tersebut? Ternyata, menjalankan segudang kegiatan dan tugas sampai kewalahan sendiri tidak berarti kamu itu produktif loh!

Pasalnya, seseorang yang produktif cenderung mengerjakan tugas – tugasnya secara mendalam dengan hasil yang terus meningkat. Sedangkan seseorang yang sibuk cenderung mengerjakan banyak hal dalam satu waktu namun hanya di permukaannya saja, sehingga hasil yang didapat pun tidak maksimal. Bahkan, seseorang yang sibuk seringkali memiliki sederet to do lists tapi hanya beberapa yang berhasil dikerjakan dengan tuntas. Jika kebiasaan seperti ini terus berlangsung, kita akan selalu berdalih “terlalu sibuk untuk melakukan pekerjaan yang lain” dan menyebabkan diri kita menjadi tidak produktif. Lantas, bagaimana caranya agar kita menjadi pribadi yang produktif? Yuk, Insan UAI, lihat beberapa tips di bawah ini!

  1. Bangun 1 jam lebih pagi

Ketika kamu bangun sedikit lebih pagi, kamu akan punya banyak waktu dalam mempersiapkan diri untuk menjalani harimu. Kamu bisa melakukan morning routine dengan tenang dan berpikir sejenak akan apa yang harus kamu lakukan pada hari itu. Sehingga, kamu akan lebih fokus untuk mengerjakan tugasmu dengan tuntas. Something to keep in mind, we need to truly wake up before getting things done!

  1. Buat to do lists yang memungkinkan

Seringkali kamu terfokus untuk menyelesaikan banyak hal dalam satu waktu sampai kamu membuat begitu banyak agenda kegiatan. Pada akhirnya, hanya beberapa tugas atau kegiatan yang dapat diselesaikan dengan baik. Ini kerap terjadi karena to do lists yang dibuat terlalu kompleks dan tidak berimbang. Sehingga, kamu akan cenderung untuk mengerjakan hal yang mudah terlebih dahulu dan menjadi tidak fokus saat mengerjakan hal yang sulit. Padahal, deadline tugas tersebut sudah di depan mata. So, the next time you make your to do lists, ask yourself, do you really need those 20 tasks to be done in one day?

  1. Buat urutan prioritas dan goals dari tugas atau kegiatanmu

Seringkali fokus terpecah karena kamu merasa memiliki banyak tugas yang perlu dikerjakan. Misalnya, kamu sudah memiliki banyak tugas dari berbagai mata kuliah ditambah dengan tugas kamu dalam suatu organisasi. Untuk itu, kamu perlu memfokuskan diri pada hal penting yang perlu kamu selesaikan secepatnya. Kamu bisa membuat urutan tugas yang kamu prioritaskan beserta goals yang ingin dicapai pada tugas tersebut. Sehingga, hal – hal penting tersebut dapat terselesaikan dengan baik dan tidak terburu – buru. Hal ini akan menyelamatkan kamu dari timbulnya masalah baru yang membuat kamu harus merevisi tugasmu lagi.

  1. Membuat sistem atau cara kamu bekerja

Beberapa orang kerap kesulitan untuk membagi waktunya dalam menyelesaikan tugasnya. Untuk itu, kamu perlu membuat sistem atau pola bagaimana kamu bekerja. Misalnya, kamu dapat menentukan berapa lama kamu mengerjakan tugasmu. Ini dapat kamu tentukan dengan mengidentifikasi berapa waktu yang biasanya kamu butuhkan untuk menyelesaikan tugasmu. Dengan begitu, kamu dapat membuat pola bekerjamu setiap harinya dan membiasakan dirimu. Tanpa sadar, kamu dapat membagi waktu dengan baik dan menjadi lebih produktif!

  1. Kerjakan tugasmu walaupun tidak termotivasi

Beberapa dari kamu mungkin sering menunda pekerjaan dengan alasan sedang tidak termotivasi. Padahal, mindset yang seperti itu akan membuat kamu terus menunda pekerjaanmu. Hal ini sering disebabkan oleh terlalu fokusnya kamu pada hal – hal yang besar sehingga kamu merasa kesulitan untuk mulai mengerjakan pekerjaanmu. When you’re having trouble to get motivated, just start doing it. Little did you know that taking action is what leads to motivation! Jadi, jangan malas memulai pekerjaanmu walaupun tidak termotivasi ya!

Tips – tips tersebut mungkin terlihat sederhana tapi dapat memiliki dampak terhadap tingkat produktif kamu loh, Insan UAI! Jadi, pastikan diri kamu menjadi pribadi yang produktif dan bukan hanya sibuk, ya! (VA)