UAI Jajaki Kerjasama Warisan Sejarah dan Kebudayaan dengan UEA

  • uai

Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) resmi jajaki kerjasama dengan Uni Emirat Arab (UEA) dalam bidang warisan dan kebudayaan. Acara yang diselenggarakan secara virtual ini diadakan pada Selasa (30/11) lalu dan menghadirkan Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc serta Duta Besar UEA, H.E. Abdulla Salem AlDhaheri.

“Penjajakan kerjasama antar kedua negara ini menjadi bukti nyata bahwa kita sama-sama ingin menjaga warisan sejarah dan kebudayaan, sehingga generasi muda kedepan masih bisa mengetahui dan menikmati kelestarian budaya tersebut.” Ujar Prof Asep dalam sambutannya.

Acara dibuka dengan sambutan Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc dan dilanjutkan dengan Keynote Speech dari Duta Besar Uni Emirat Arab untuk Republik Indonesia, H.E Abdulla Salem AlDhaheri. Prof Asep menyampaikan mengenai pentingnya untuk menjaga warisan dan budaya nasional di tengah era yang serba canggih seperti saat ini.

Senada dengan itu, H.E Abdulla menjelaskan bahwa komitmen Uni Emirat Arab juga berperan dalam pengembangan dan penguatan pembelajaran Bahasa Arab. Hal ini seiring dengan kontribusi UEA dalam mendorong karakteristik akar sejarah dan wawasan warisan budaya.

Kegiatan ini dihadirkan dalam rangka mengenalkan lebih jauh Ragam Warisan Budaya Negara UEA, dengan harapan dapat menambah wawasan masyarakat Indonesia tentang Budaya dan Tradisi masyarat UEA.

Lebih lanjut kegiatan ini membuka kesempatan bagi para peneliti dan pemerhati kajian budaya, hubungan internasional ataupun bidang lain yang terkait untuk dapat melakukan kolaborasi penelitian dan kajian lanjutan tentang warisan dan kebudayaan UEA.

Di tengah kemajuan teknologi dan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki negara ini, Pemerintah UEA berdedikasi untuk tetap mempertahankan unsur-unsur tradisional dalam kesenian dan kebudayaan sebagai identitas diri.

Sebagai informasi bahwa webinar ini dilaksanakan atas kerja sama antara Universitas Al-Azhar Indonesia dengan Kedutaan Besar Uni Emirat Arab di Jakarta sebagai bentuk silaturrahim dan kolaborasi yang berkelanjutan antar kedua lembaga.

“Uni Emirat Arab sebagai negara yang selalu menjaga kebudayaan dan keberagaman sangat mengharapkan agar kesatuan serta tradisi ini bisa selalu dijaga, ini juga sebagai komitmen UAE dalam mendukung program kebudayaan yang berkelanjutan” Kata Duta Besar UAE tersebut dalam penyampaiannya.

Semoga dengan terlaksananya webinar mengenai warisan dan kebudayaan ini semakin memperkuat wawasan masyarakat Indonesia tentang Budaya dan Tradisi masyarakat serta membuka kesempatan bagi para pemerhati, peneliti, dan pengkaji internasional untuk melakukan pembahasan lebih lanjut tentang sejarah dan budaya.

The post UAI Jajaki Kerjasama Warisan Sejarah dan Kebudayaan dengan UEA appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.