Kuliah Umum Akhir Semester UAI Bersama Lemhannas RI

  • uai

Memasuki bulan juli berarti menandakan akhir semester genap dari tahun ajaran 2020/2021, telah berlangsung kuliah umum akhir semester Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) bersama Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) pada Jum’at (09/07/2021) lalu. Kuliah umum ini mengangkat tema “Pandemi dan Pengembangan Diri” yang dihadiri oleh Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., Deputi Bidang Kajian Strategik Lemhannas RI, Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., dan Wakil Rektor I Bidang Akademik UAI, Prof. Dr. Agus Surono, S.H., M.H. Acara langsung dibuka dengan sambutan dari Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia sebelum lanjut kepada pemaparan dari narasumber yang sudah hadir pada webinar tersebut.

“Situasi di Indonesia dan Dunia saat ini masih terdampak COVID-19, maka dari itu penting bagi kita agar mampu menjadi bagian ketahanan baik pribadi, keluarga maupun ketahanan masyarakat dan negara. Hal ini juga yang menjadikan perilaku kita untuk senantiasa bisa survive dalam kondisi pandemi yang tak kunjung usai.” Kata Prof. Asep yang juga Guru Besar Statistik ini.

Acara yang berlangsung secara daring tidak mengurangi konsentrasi pada materi yang dibawakan pada Jum’at lalu, pengemasan materi ketahanan nasional secara ringan juga menjadikan informasi ini lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh khalayak luas. Prof. Reni menjelaskan mengenai “Peluang Usaha di Tengah Pandemi COVID-19 untuk Ketahanan Nasional”, pada pembahasan ini turut disampaikan pula mengenai kondisi, indeks, dan pendekatan yang dibutuhkan untuk meraih ketahanan nasional secara utuh.

Kemudian pemaparan berlanjut dengan materi “Pandemi dan Pengembangan diri” yang dibawakan oleh Prof. Agus Surono. Beberapa poin penting turut disampaikan seperti pengembangan manusia dan kebudayaan yang harus dilihat sejak dini, serta menggunakan karakter kebangsaan secara menyuluruh demi mendukung perilaku berbangsa dan bernegara. Setelah pemaparan dari narasumber usai, acara masih kontinyu dengan ada sesi tanya jawab antara audiens dengan narasumber yang hadir di webinar kuliah umum ini.

Semoga dengan adanya webinar kuliah umum ini bisa memperkaya informasi kita mengenai pendidikan, ketahanan nasional, serta hidup berbangsa dan bernegara di tahun – tahun yang akan mendatang. Aamiin.

The post Kuliah Umum Akhir Semester UAI Bersama Lemhannas RI appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.