Kolaborasi UAI dalam Program TIUL, Wujud Nyata Kerjasama Internasional

  • uai

Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) berkolaborasi dengan Taiwan-Indonesia Urban Environment Change and Land Resource Management Research Center (TIUL) sebagai wujud nyata kerjasama Internasional. Program yang diluncurkan pada September 2020 ini berdedikasi menyediakan pertukaran dan budidaya akademik yang berfokus di bagian tenaga teknis internasional, dengan harapan memperkuat hubungan Taiwan dan Indonesia dalam bidang pendidikan dan riset.

Kantor luar negeri pertama TIUL ini terletak di lantai 2, Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), sebagai bentuk hasil kerjasama antara UAI dengan National Taipei University (NTPU). Tentu tujuannya kembali mengarah kepada komitmen pendidikan sehingga kedepan nya memungkinkan adanya pemerataan informasi, edukasi, serta riset yang ada di kedua negara.

Merujuk kepada sejumlah pemahaman, kerjasama internasional merupakan hubungan yang dilakukan antara satu negara dengan negara lainnya, dengan memiliki tujuan bersama dan saling menguntungkan. Pada umumnya, kerja sama internasional ini dilakukan dalam bidang sosial, politik, kebudayaan, pertahanan keamanan serta ekonomi. Kerja sama internasional ini dapat terjadi antara dua negara yang biasa dikenal dengan hubungan bilateral. Hal ini yang menjadi bukti hubungan baik antara Taiwan dan juga Indonesia.

Setiap negara tidak mungkin bisa memenuhi kebutuhan pemerintah dan warganya sendiri. Hal itulah yang menyebabkan tiap negara melakukan kerja sama agar masyarakatnya sejahtera. TIUL juga sedang menangani program survei gravitasi udara Indonesia dengan Badan Informasi Geospasial (BIG). Semoga dengan adanya kehadiran TIUL ini bisa menekankan kerjasama antara UAI dan NTPU yang semakin solid.

The post Kolaborasi UAI dalam Program TIUL, Wujud Nyata Kerjasama Internasional appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.