Dari 2000 Mahasiswa Pemohon, 2 Mahasiswa UAI Meraih Beasiswa IISMA 2021 untuk Kuliah di Universitas Luar Negeri Kelas Dunia

  • uai

Dua mahasiswa Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) menorehkan prestasi gemilang, dengan lolosnya mereka dalam seleksi penerima penghargaan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021. Dengan prestasi kedua mahasiswa tersebut, mereka merupakan bagian dari pemuda pemudi terbaik di Indonesia dan akan mengenyam pendidikan selama satu semester di luar negeri.

IISMA merupakan program mobilitas mahasiswa internasional yang dirumuskan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-ristek) yang bertujuan untuk membuka peluang bagi mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia sehingga mahasiswa memiliki kesempatan untuk merajut pendidikan di universitas kelas dunia di mana pun di dunia selama satu semester.

Kantor Urusan Internasional (KUI) UAI dibawah Direktorat Kerjasama, merupakan unit yang menaungi dan bertanggungjawab dalam proses keberangkatan mahasiswa IISMA UAI. Dalam menyiapkan proses keberangkatan kedua mahasiswa ini, KUI memahami betul, pencapaian kedua mahasiswa ini merupakan prestasi yang luar biasa, dimana kedua mahasiswa ini berkompetisi dengan 2000 mahasiswa pelamar dari 144 Perguruan Tinggi diseluruh Indonesia dan menjadi bagian dari 1000 mahasiswa yang lolos terseleksi program IISMA.

Seleksi program IISMA ini pun sangat kompetitif dan kompleks, dimana mahasiswa pelamar diwajibkan untuk memiliki prestasi dan catatan akademik yang baik, bukti kompetensi bahasa asing yang memadai seperti tes TOEFL/IELTS.

Dokumen-dokumen penunjang lainnya juga menjadi persyaratan dan terdapat tes wawancara yang menjadi proses seleksi juga. Dengan seleksi program IISMA yang kompetitif dan sukar, maka beasiswa program IISMA ini merupakan beasiswa yang prestisius.

Kedua mahasiswa UAI yang diterima dalam program IISMA ini adalah, Keiko Annissa Arfananda dari Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Arab dan Ida Ayu Mas Kusumaningtyas dari Program Studi Biologi. Keiko sendiri diterima di University of Limerick, Irlandia, sedangkan Amelia diterima di Daugavpils University, Latvia.

Pendanaan yang dicakup oleh beasiswa IISMA ini adalah uang pendaftaran dan SPP, pembuatan visa, biaya perjalanan pulang dan pergi dari negara asal ke negara tujuan, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya tes PCR (Polymerase Chain Reaction) sebelum berangkat ke negara tujuan maupun sebelum pulang ke negara asal.

Dengan lolosnya Keiko dan Amelia mengikuti program IISMA 2021, mereka didorong untuk menjadi duta UAI dan mempromosikan UAI kepada universitas tujuan. Kedua mahasiswa ini diharapkan dapat membangun jejaring dengan universitas tujuan dan mahasiswa-mahasiswa disana.

Serta semoga dengan pencapaian Keiko dan Amelia ini dapat memotivasi kita semua untuk menjadi lebih baik dan memotivasi mahasiswa-mahasiswa UAI untuk menorehkan prestasi baik di kancah nasional maupun internasional.

 

The post Dari 2000 Mahasiswa Pemohon, 2 Mahasiswa UAI Meraih Beasiswa IISMA 2021 untuk Kuliah di Universitas Luar Negeri Kelas Dunia appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.