Perubahan zaman dan perkembangan kehidupan teknologi membawa berbagai konsekensi terhadap hukum. Dinamika internasional membawa pengaruh yang signifikan terhadap hubungan internasional.

Dalam rangka merespon berbagai dinamika, baik lokal, nasional, maupun internasional, Program Studi Magister Ilmu Hukum, Program Pascasarjana Universitas Al Azhar Indonesia, berupaya keras menjadi salah satu penyelenggara pendidikan hukum terbaik di Indonesia.

Program Studi Magister Ilmu Hukum UAI bertujuan untuk menghasilkan Magister Hukum yang mampu menghasilkan Lulusan yang memiliki integritas ilmu, memiliki kemampuan akademik tinggi, kreatif, dinamis, profesional dan berdaya saing tinggi serta memiliki integritas moral, etika dan kepribadian dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Menghasilkan inovasi melalui penemuan baru di bidang hukum yang otentik. Merumuskan pemikiran alternatif untuk menambah referensi dan keilmuan hukum. Memberikan kontribusi pemikiran dalam menghadapi permasalahan hukum. Memiliki kredibilitas dalam penegakan hukum dan pengembangan profesinya