Mengasah Potensi Binis Bersama Business Exhibition X 2018

  • uai

Jakarta- Loby Universitas Al Azhar Indonesia dipenuhi oleh sorak ramai mahasiswa Jurusan Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen yang akan melaksanakan pembukaan acara Bussines Exhibition priode ke 10. Program ini merupakan salah satu bentuk mata kuliah program studi manajemen yaitu proyek bisnis yang mereka dapatkan di semester ke tujuh. Acara yang dibuka oleh Rektor Universitas Al Azhar Indonesia Bapak Prof. Dr. Ir Asep Saefudin ini berlangsung selama 5 hari yaitu, dua hari di kampus dan 3 hari di Grand Galaxy Park Mall Bekasi. Adapun beragam acaranya adalah Bussines Model Canvas Exhibition, Talk Show dan Bazaar . Acara ini juga dihadiri oleh Dekan fakultas Ekonomi Dr. Kuncoro Hadi, S.T M.Si.,  dan  Bapak Bambang Eko Samino selaku pembimbing program Bussines Exhibition 2018.

Mengusung tema “Movement”  acara Bussines Exhibition periode ke sepuluh tahun ini memberikan sentuhan yang berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Setelah beberapa tahun terakhir acara ini hanya bisa dinikmati oleh kalangan mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia kini Wulan Ramdan selaku ketua panitia Bussiness Exhibition 2018 berharap euforia acara ini juga dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Kali ini acara akan digelar di dua tempat yaitu Auditorium Arifin Panigoro Universitas Al Azhar Indonesia pada tanggal 10 – 11 Januari 2018 dengan acara Bussiness Model Canvas Exhibition dan Grand Galaxy Park Mall Bekasi Selatan pada tanggal 12 – 14 Januari 2018 dengan acara Talk Show dan Bazaar Local Brand. Talk Show kali ini akan diisi dengan praktisi bisnis muda dan modern yang sudah sukses yaitu Reza Chandika (owner _Oomaoo), Karlina kardi (owner Loony Store), Akhyar Ramadhan (owner Pappercup Coffeeshop), Fikri Mahri (owner Corser.Id) dan Dimas Mairiyanto (Owner Local.id & Male.Id) dan yang lebih menariknya akan ada voucher belanja gratis yang akan dibagikan panitia ke masing masing peserta yang hadir, dan nantinya voucher tersebut bisa digunakan untuk belanja produk local brand di acara Bazaar.

Move On To Modern Entrepenur, adalah kepanjangan dari tema Movement yang mereka angkat pada acara kali ini. Terinspirasi dari kemajuan teknologi masa kini membuat ragam bisnis yang berbasis media semakin kreatif dan inovatif. Ini mendorong mereka untuk ikut bergelut dalam ramainya bisnis modern yang berbasis media sosial. Mereka percaya anak muda selalu memiliki potensi yang tinggi untuk menciptakan dunia bisnis yang mumpuni. “dan seperti tahun tahun sebelumnya kami tetap mempertahankan sebuah tradisi yang selalu kami pegang yaitu dimana mahasiswa tidak diberi modal sepeserpun dari Universitas. Semoga program ini dapat menambah wawasan mahasiswa, karena dalam lomba ini mereka diminta untuk menemukan bisnis bisnis lokal yang kemudian dapat dikembangkan ” ujar pak Bambang selaku Dosen pembimbing proyek bisnis kali ini.

Dalam sambutannya Rektor UAI memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini, karena menurut beliau acara apapun yang memiliki program bisnis adalah salah satu yang menghidupkan kembali tagline UAI yaitu An Enterprising University, From Zero to Hero. Kegiatan ini turut menghidupkan kembali kampus sebagai wadah yang bukan hanya untuk belajar dan menerima teori di dalam kelas, tetapi juga sebuah ekosistem pendidikan yang didalamnya dapat memberikan pengalaman dan motivasi bagi mahasiswa untuk terus berkarya.

Selain menampilkan sebuah teaser pendek, diakhir acara panitia mengumumkan pemenang Business Model Canvas Competition yaitu, Citra House sebagai Juara 1, Bruv Leather sebagai juara 2 dan juara 3 yang dimenangkan oleh Faust Batik. Acara yang berlangsung singkat ini merupakan awal kemeriahan acara Business Exhibition periode X yang akan berlangsung selama 5 hari kedepan. Kekompakan dan kesemangatan panitia terlihat begitu nyata saat acara pembukaan berlangsung. Semoga Business Exhibition 2018 kali ini dapat memberikan wawasan dan pelajaran yang berharga bagi mahasiwa manajemen di semester akhirnya, dan menginspirasi mahasiswa lainya untuk terus berkarya terutama dalam bidang bisnis.

Universitas Al Azhar Indonesia
Universitas Al Azhar Indonesia
Universitas Al Azhar Indonesia

 

Source: Berita UAI