Bersatu Memajukan Negeri, Literasi Zaman Now Untuk Generasi Millenial

  • uai

 Jakarta (09/10)- Untuk merayakan HUT MNC Group ke-29 Universitas Al Azhar Indonesia bekerjasama dengan MNC Group dan Bursa Efek Indonesia mengadakan Seminar Literasi dan media Sosial dengan tema “Literasi Zaman Now untuk Generasi Millenial”. Selain dibuka untuk umum, acara yang digelar di Auditorium Arifin Panigoro Lantai 3 ini juga merupakan kuliah umum untuk mahasiswa Jurusan Ekonomi Program Studi Akuntansi. Dibuka langsung oleh Rektor Universitas Al Azhar Indonesia Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., acara ini juga menghadirkan diskusi ringan yang menarik mengenai media dan keuangan masyarakat.

“Menulis bagus itu harus, tapi jangan sekali kali kita terlibat sebagai salah satu yang menyebarkan berita hoax di sosial media” ujar Rektor Unversitas Al Azhar Indonesia ketika memberikan sambutan di awal acara. Selain mengingatkan bahaya berita hoax beliau juga mengajak para mahasiswa untuk turut berpartisipasi dalam menggunakan media sosial dengan baik. Menurut beliau sosial media bisa sangat  berguna jika dapat digunakan secara baik dan bijak. Dilanjutkan dengan sambutan oleh salah satu perwakilan dari MNC Group yang mengenalkan banyak bagaimana MNC Group bisa berkembang menjadi perusahaan yang tidak hanya berfokus pada media tapi juga pada sistem keuangan dan properti. Bahkan, saat ini MNC telah mendapatkan gelar sebagai perusahaan yang paling terintegrasi se- Asia dari segi media, keuangan dan properti. “Generasi muda sebegai penerus menurut kami sangat penting untuk dikenalkan tentang bagaimana megelola bisnis keuangan, properti dan media yang mampu bekerja secara global” ujar salah satu perwakilan dari MNC Group tersebut.

Sosial media atau daring kerap menjadi isu yang tak henti dibahas oleh masyarakat, kehadirannnya sebagai salah satu wujud perkembangan teknologi mutakhir kerap mengubah pola hidup masyarakat yang menggunakanya. Kehadiran sosial media mengharuskan masyarakat masa kini agar dpat menggunakan teknologi dengan baik. Melihat peran sosial media dalam kehidupan sehari hari MNC Group mengajak mahasiswa Al Azhar Indonesia untuk berdiskusi ringan mengenai sosial media.  Diskusi ini diisi oleh David Silahooj sebagai narasumber dengan topik “Jurnalisme Televisi”. Membahas sosial media tentu tidak luput dari perangkat keras yang digunakannya yaitu gawai atau yang kerap disebut gagdet. Gagdet sendiri memiliki arti peranti (perangkat) elektronik atau mekanik yang memiliki fungsi praktis, maka tak heran penyebaran informasi yang terjadi menggunakan gawai sangatlah cepat dan praktis. David menjelaskan banyak cara agar generasi muda dapat memanfaatkan gawai yang dimilikinya untuk berbagai kegiatan positif. Ditengah maraknya penyebaran berita hoax, ada begitu banyak cara bijak menggunakan gawai terutama sosial media untuk menghasilkan karya yang bermanfaat.

Belum berakhir, sesi diskusi dilanjutkan dengan bincang ringan mengenai keuangan oleh perwakilan dari Bursa Efek Indonesia. Banyak hal tentunya yang dapat didapatkan dan dibagikan dalam acara ini, bukan hanya media tapi juga bagaimana mengelola sistem keuangan pribadi maupun bisnis untuk jangkauan global sekalipun. Semoga acara inspiratif seperti ini dapat terus dihadirkan guna memperkaya pengetahuan mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia diluar kelas perkuliahan.




Source: Berita UAI